Program Terbaik untuk Mengetik Arab di HP Berplatform Android (Minimal Android 2.2 Froyo) TANPA ROOTING


Alhamdulillah setelah 4 jam ngoprak-ngoprak Market (Google Play) dan ngutak ngatik hp bisa juga ngetik arab di hp android.

Sebelumnya perlu diketahui aplikasi ini bisa dipakai untuk seluruh HP Android Android 2.3 Gingerbread, tapi setelah saya nekat pake di Android 2.2 Foryo saya  ternyata berjalan dengan lancar.

Saya tes program ini dengan HP Axioo Vigo 350 Dual SIM Card, dan internet defaultnya pake SIM Card pertama pake T*i karena kebetulan disetting pabrik pake sinyal H jadi ngebut, dan SIM Card kedua pake A* tapi di kasih cuma buaT sinyal G.

Bagi kawan2 yang mau ngetik Arab yang paling bagus dan paling lengkap program Arab di HP berplatform Android adalah program Multiling Keyboard buatan HONSO.

Silakan masuk dari hp Android kamu dan tekan aplikasi Market lalu cari program di atas dan unduh, kemudian ikuti petunjuknya.

Bagi yang mau unduh dari PC/Laptop bisa di unduh di sini :

———————————————————————————————–

NB:

  1. Jangan lupa setelah diinstal unduh lagi “Plugin Arabic” (masih buatan HONSO) nya di Market Android. Atau Plugin bahasa apa saja yang anda inginkan. Kemudian masuk ke pengaturan input bahasa dan centang العربية / Arabic dan bahasa yang telah di unduh “Plugin” nya….
  2. Bagi yang mau auto correct unduh juga “Auto Correct” (masih buatan HONSO) di Market Android.
  3. Masuk ke Pengaturan Bahasa dan Keyboard dan pilih: “Multiling keyboard”
  4. Masuk ke aplikasi SMS dan pilih New Sms, pada kolom kosong tekan yang lama sampai muncul tulisan: “Metode Input” lalu tekan dan ada dua pilihan, silakan pilih “Multiling Keyboard”
  5. Kalu kangen sama keyboard yang lama lakukan kembali nomor 4 dan pilih “TouchPal” sebagai keyboard bawaan pabrik (default)
  6. Setelah semua aplikasi di unduh dan diinstal maka silakan menulis dengan Arab dengan cara menggeser (swipe) ke kiri atau ke kanan tombol spasi di keyboard anda, atau dengan menekannya lebih dari satu detik maka akan muncul pilihan dua bahasa, Inggris/Indonesia atau Arab. Jika anda menemukan pilihan bahasanya ternyata lebih dari dua maka silakan di setting di pengaturan “Input bahasa” dan centang bahasa mana yang perlu dan tidak
  7. Default bawaan keyboard ini tidak ada tombol enter, maka untuk membuatnya ada silakan masuk ke pengaturan android, pengaturan bahasa dan papan tombol, lalu masuk ke “MultiLing Keyboard Pengaturan”, Lalu masuk ke “Misc.” dan di hilangkan centang “Smiley key on IM”
  8. Tulisan Arab pada  bawaan keyboard (default) ini juga belum nyambung (alias masih misah-misah/kagak bisa nyambung). Maka untuk membuatnya nyambung seperti kita mengetik di komputer silakan masuk ke pengaturan android, pengaturan bahasa dan papan tombol, lalu masuk ke “MultiLing Keyboard Pengaturan”, Lalu masuk ke “Non-Latin setting” dan centang “Connect Arabic”
  9. Keyboard  bawaan keyboard (default) ini juga warna dan stylenya masih jadul. Maka untuk membuatnya manis seperti IPAD atau IPHONE silakan masuk ke pengaturan android, pengaturan bahasa dan papan tombol, lalu masuk ke “MultiLing Keyboard Pengaturan”, Lalu masuk ke “Themes, size and Layouts” dan centang “Keyboard Theme” lalu centang “Gingerbread”
  10. Aplikasi ini hebatnya bisa memuat keyboard lebih dari 100 bahasa di dunia lengkap dengan Auto Correct dan Dictionary….
  11. Program ini tidak memerlukan Rooting.

Ck ck ck…. muantaaffffbbbb….. Kalu yang buat orang Islam pahalanya kayak ape ye?!

Selamat mencoba…..

—————————————————————————————————————-

UPDATE : 

  1. Program di atas  banyak sekali kelemahannya, antara lain adalah selain size nya besar banyak kelemahan jg. Satu tidak bisa menuliskan karakter huruf Lillah (لله). Dua tidak bisa menuliskan karakter huruf  Allahumma (اللهم). Tiga tidak bisa menuliskan karakter  sambungan tambahan antar huruf seperti: ﺑﺴـــــﺏ …. wah banyak deh. Saran saya lebih baik menggunakan aplikasi Ibrahim Arabic Keyboard karena lebih ringan dan semua karakter yang pada Multiling tidak bisa maka dengan program ini bisa diatasi, hanya saja tampilannya dan penggunaannya tidak secantik Multiling dan ada fitur yang hilang, seperti dictionary, dan lainnya. Silakan Ibrahim Arabic Keyboard diunduh melalui PC/Laptop disini.
  2. Program di atas hanya untuk mengetik Arab dengan keyboard virtual, akan tetapi tidak memberikan solusi bagi android anda ketika mendapatkan sms berbahasa Arab, atau membaca artikel di microsoft office atau di peramban (browser) bawaan (kecuali OPERA MINI, silakan unduh via PC/Laptop disini) maka tetap tulisan di Android anda akan menjadi kotak-kotak atau terputus-putus. Maka apabila hal ini terjadi solusinya ada dua yaitu:
  • DENGAN CARA ROOTING (NB: SETIAP ANDROID CARANYA BEDA-BEDA), yaitu  ada dua cara, PERTAMA sistem Android anda harus diubah dari ODEX ke DEODEX, tutorialnya ada di sini. KEDUA dengan mengunduh Dejavu_Fonts_By_Aman_Alshurafa.zip yang di dapatkan langsung dari forum Android Arab, tutorialnya ada  disini.
  • TANPA ROOTING tapi DENGAN CARA DI FLASHING, cara ini Khusus Samsung Galaxy S Advance (SGSA GT-I9070) karena kebetulan ini hape baru saya dan sudah saya praktekkan caranya dan berhasil, maka saya berikan tutorial khusus disini. Untuk Flashing Android yang lain silakan minta wangsit di mbah google! Selamat Berjuang  ;)

Wallahu A’lam.

About Apriansyah Bintang

Turut mendiskusikan mispersepsi terhadap Islam dengan hikmah dan mau'izhah hasanah. مناقش أي سوء الفهم للإسلام بالحكمة والموعظة الحسنة Also discuss any misperceptions of Islam with wisdom and good advice.

Posted on 4 September 2011, in Diskursus Islam and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 51 Komentar.

  1. Muangstaffffbbb…. makasih ilmunya gan….

  2. muhammad fauzul adhim

    hatur nuhun pisan mas ..🙂

  3. supaya bisa pke tanda baca syiddah,dhammah,dan kasrah gimana ya ??
    syukron

  4. saya ngetik arab huruf awal di ketik kok ngegeser ke kiri ya, kayak huruf latin

  5. Syukron dah berbagi,ane dh brhasil install dan dh ane gunain ketik arab dan nyambung cuma ketika saya dapat kiriman teks arab dr teman koq saya ga bisa baca teks arab ntu dg tersambung alias misah2 hijaiyyah’y,ane minta solusi’y . . . ane pake samsung galxy y duos,gingerbread 2.3.6,klo ada YM ane boleh di kasih akh yar lebih enak tanya jawab’y,ane awal_awenk,syukron . . .

  6. HH ane sudah di root alias ane sudah jadi admin untuk HH ane , langkah selanjut’y apa akh ?

  7. Assalamu’alaikumm, akhi… punya ane masih belum mau nyambung huruf-huruf arabnya, pdahal udah ane lakukan sesuai petunjuk.

  8. Trimakasih tutorialnya. Alhamdulillah lancar, hanya ada MASALAH ketika mengetik ” LILLAH ” kenapa selalul berubah jadi ” ALLAH “? semua setting sudah saya coba. termasuk mematikan auto correct / auto text. Gimana Mas, solusinya???

    • Ane skrg g pake multiling lagi, selain size nya besar banyak kelemahan jg. Satu g bisa nulis Lillah. Dua gak bisa nulis Allahumma. Tiga gak bs nulis sambungan tambahan antar huruf seperti: ﺑﺴـــــﺏ.. wah banyak deh.
      Ane skrg pake app Ibrahim keyboard…

  9. mkasih infony gan, ntar ane coba yg ibrahim ja lngsung

  10. wah, mantebbb bangettt mas, pengen nulis pegon aku, hahaha
    makasih makasih makasih sukses selalu

  11. alhamdulillah
    sangat bermanfaat nih mas tutorial ini
    cuman satu yang belum ketemu mas
    gimana caranya agar hp samsung galaxy young s5360 bisa baca bahasa arab tanpa putus putus

  12. salam. gan, utk setting ibrahim ketboard supaya ada tombol done/ enter gmn yak? saya jg pke ibrahim keyboard nih… mksh

  13. sipp gan, hatur nuhun akhir nya bisajuga nulis bahasa arab.. hehe
    sekalian nanya nih gan klo cara rooting mito t700 gmn cara nya ya gan? sy pingin baca file arabic yg utuh tdk putus putus.. minta pencerahan nya
    hatur tengkyu…

  14. berhasil, berhasil, hore…

  15. محمد علوي بن يحيي

    جزك الله خير

  16. ini kalau di buat nulis status di fb, jadi g?

  17. kalo menggunakan ibrahim keyboard di hp samsung android, gimana caranya agar tulisan arab-nya bisa berharakat kasrah, dammah, fathah, etc. Saya coba dengan menekan spasi yang lama, tapi yang muncul hanya tanda titik dan koma.
    makasih

  18. ditanda komanya tidak muncul harokatnya..solusinya gimana mas bro mohon pencerahan…krim ke email saya ya mas cah_bagus_sadewa@yahoo.com..sykron

  19. mantaaaaf banget infonya, semoga manfaat dan berkah ust, jazakallah khairan.

  20. Caranya menampilkan harakat bagaimana ya Mas? Saya sudah coba menekan tombol koma dengan lama tapi kok gak muncul?
    Apa ada yang harus diinstall selain plug in Arabic?
    Terimakasih.

  21. akh.. klo jenis font arabny bs d ganti2 ga biar bagus tampilany..

  22. yuninabila95@gmail.com

    sore, mau share aja gw ada tugas ada tulisan arab tp gak ada tulisan bacaan versi indonesianya,, ada yg tahu gak aplikasinya agar bisa di baca tanpa melihat tulisan arab al qur’anya??

  23. Sama aja ky g baca.background x suuuraaaaamm

  24. Menggunakan aplikasi keybord buatan pihak ketiga akan sangat rentan terjadap kemanan… bagi yang suka input data2 penting terutama terkait dengan keuangan (credit card) ataupun password2 akan sangat rentan terhadap pencurian data… Be Ware…!!!

  1. Ping-balik: Cara agar Smartphone Samsung Galaxy S Advance (SGSA GT-I9070) support Bahasa Arab tanpa ROOT « Diskursus Islam

Silakan komentar bro...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: