Pelecehan Islam di Aplikasi/Game Android? MARI LAPORKAN BERSAMA!


03Sumber Gambar: https://play.google.com/store/apps/details?id=angry.prophets.af_final_adsfree2

Android adalah kata familiar/tidak asing di telinga pengguna telepon pintar (smartphone) di seluruh dunia khususnya di Indonesia, semenjak Platform/Sistem Operasional ini makin banyak dipakai di Indonesia dan dunia serta menggerus pasar smartphone lainnya  maka banyaklah vendor-vendor yang menanamkan sahamnya untuk membuat aplikasi-aplikasi untuk android baik yang gratis maupun yang berbayar.

Seiring dengan perkembangan platform Android tersebut maka orang yang membenci Islam pun ternyata tidak mau ketinggalan dengan melecehkan Allah, Nabi Muhammad, al-Qur’an atau simbol-simbol Islam lainnya dengan membuat aplikasi-aplikasi berbasis linux tersebut dan dipasarkan lewat Google Play. Kalau aplikasi provokatif tersebut gratis mungkin bisa dipahami tapi herannya mereka membuat aplikasi tersebut ada yang berbayar.

Hal ini tidak aneh karena telah disebutkan oleh Allah dalam al-Qur’an Surah al-Baqarah/2 ayat 120:

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”

Salah satu aplikasi Android yang melecehkan Islam dan berbayar adalah aplikasi “Angry Prophets” yang bisa dilihat di sini. Aplikasi ini dibanderol dengan harga $2.63 dan pada saat saya menulis blog ini (tanggal 17 Oktober) belum ada satupun yang mengunduh aplikasi ini.

08

Bagi kita umat Islam yang melihat aplikasi ini atau lainnya yang melecehkan Islam jangan hanya mencela dan merungut, mari bersama kita laporkan aplikasi tersebut agar dihapus oleh google dari google play, mengapa kita yakin bahwa usaha kita bisa berhasil? saya yakin apabila laporan ini datang bertubi-tubi dari umat Islam pasti pihak google akan menghapusnya karena dalam “Google Play Developer Program Policies” nya si Google sangat jelas di poin ke tiga bertuliskan:

  • Hate Speech: We don’t allow content advocating against groups of people based on their race or ethnic origin, religion, disability, gender, age, veteran status, or sexual orientation/gender identity.

07

maka kemungkinan besar aplikasi-aplikasi provokatif tersebut dapat dihapus oleh google apabila kita mengikuti aturan main mereka dengan cara-cara berikut ini:

  1. Buka tautan delik aduan ke google atas aplikasi-aplikasi bermasalah di sini, maka anda akan melihat tampilan berikut ini:01Maka berikanlah centang “Hateful or abusive content”
  2. Isilah alasan anda mengapa meminta aplikasi tersebut dihapus di kolom: “Please explain briefly why you flagged the app”, gunakanlah bahasa Inggris yang benar! (contoh kalimat delik pengaduannya ada di screenshoot di bawah, usahakan menggunakan kalimat resmi yang lain agar variatif).
  3. CopyPaste kan URL Address aplikasi tersebut: https://play.google.com/store/apps/details?id=angry.prophets.af_final_adsfree2 di kolom: “Application Link to application on http://play.google.com *”
  4. Isi email anda di kolom: “Email Address *”
  5. Isi Nama Lengkap anda di kolom: “Name *”

Tampilan nomor 2 sampai dengan 5 adalah sebagai berikut:

02

Jika anda melakukannya dengan benar maka email balasan akan masuk ke inbox anda seperti di bawah ini:

05

apabila anda telah melakukan semua di atas maka tunggulah paling cepat seminggu, namun apabila belum dihapus maka kita harus introspeksi sejauh mana keperdulian umat Islam terhadap agama Islam itu sendiri dengan melaporkan konten/aplikasi penghina tersebut, kalau bukan kita (umat Islam) yang melaporkan pelecehan tersebut maka siapa lagi? This is The Big Point!

Dan jika anda hanya sekedar adu argumen dengan Developer/Pengembang Aplikasi tersebut ini dia tweet nya:

https://twitter.com/AngryProphets dan ini dia emailnya: balde4apps@gmail.com

Jika kita tidak bisa membela Islam dengan cara langsung maka minimal dengan cara yang tidak langsung seperti di atas. Semoga hal tersebut menjadi amal saleh kita di akhirat. Amin.

Wallahu A’lam.

About Apriansyah Bintang

Turut mendiskusikan mispersepsi terhadap Islam dengan hikmah dan mau'izhah hasanah. مناقش أي سوء الفهم للإسلام بالحكمة والموعظة الحسنة Also discuss any misperceptions of Islam with wisdom and good advice.

Posted on 17 Oktober 2013, in Diskursus Islam and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. maaf, hanya untuk koreksi saja.. pada kalimat :

    “Hal ini tidak aneh karena telah diramalkan oleh
    Allah dalam al-Qur’an Surah al-Baqarah/2 ayat
    120:……..”

    kata ” diramalkan” diatas menurut saya tidak cocok, alangkah lebih baik jika diganti dengan “difirmankan”.

    karena kata “diramalkan” seolah-olah mengandung arti kalau Allah itu bukan dzat yang Maha Kuasa.

    terimakasih.

Silakan komentar bro...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: